Usai Terima Surat dari WHO, Pemerintah Nyatakan Corona Menjadi Becana Nasional Non-Alam

37
18



JAKARTA, KOMPAS.TV Pemerintah akhirnya menyatakan masalah virus corona sudah menjadi bencana nasional non-alam.

Pernyataan ini setelah Presiden Joko Widodo menerima surat dari WHO.

Merespons perhatian dari organisasi kesehatan dunia, WHO, yang meminta Jokowi untuk mengumumkan darurat nasional virus corona di Indonesia, pemerintah menyatakan sudah melaksanakan sebagian besar rekomendasi WHO.

Langkah cepat pemerintah salah satunya dilakukan dengan menerbitkan Kepres nomor 7 tahun 2020, tentang gugus tugas percepatan penanganan Covid 19.

Koordinasi pemerintah dalam menangani Covid-19 ini diketuai Kepala BNPB, Doni Monardo.

Tim ini membuat strategi untuk menjaga orang yang sehat agar tidak sakit dengan memutus penularan.

Upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani penyebaran virus corona juga sudah dilakukan dengan menyiapkan sistem kesehatan, tempat pengetesan Covid-19, dan memperbanyak tenaga medis.

Namun pemerintah tidak akan melakukan lockdown atau mengisolasi suatu daerah yang diwaspadai sebagai penyebaran virus corona.

Sebelumnya diberitakan, Who mengirimkan surat kepada sejumlah pemimpin negara, yang wilayahnya terkena kasus corona termasuk Indonesia.

WHO mendorong uji laboratorium terus dilakukan kepada orang yang dicurigai terinfeksi corona.

Terutama negara berpopulasi besar dengan fasilitas kesehatan yang tak merata di setiap wilayah.

Nguồn:https://sangiaodichtienao.com/

37 COMMENTS

  1. GIMANA GAK TERTULAR, SIDAK DULU PAK PENJUAL MASKER, UDA GILA HARGANYA…
    RAKYAT MISKIN GIMANA BELI MASKER KL UDA 300rb HARGANYA, NANTI YG ADA PASTI TERTULAR, UPDATE KASUS BUAT APAAN, KBANYAKAN NGEMENG

  2. Ini negara sekelas Italia yg notabane negara maju sudah lumpuh total karena menyepelekan ini virus.

    Blm lg Indonesia, mau periksa kesehatan aja mesti bayar dlu coy. Negeri yg lucu

  3. YA CINA HARUS BERTANGGUNG JAWAB Karena menereka secara langsung menyebarkan VIRUS/PENYAKIT MEMATIKAN
    harus ada bentuk tanggu jawab pemerintah cina

  4. Jalani ja.
    Gak ada satu pemerintah pun yg mau menanggung kebutuhan rakyatnya.

    Klw stop emng negara sanggup memenuhi kebutuhan semua kluarga yg ada di RI ini.
    Belum lg mereka2 yg nyicil mobil, motor rumah, bpjs juga harus dibayar kan.

    Mending jaga kesehatan dan jgn dekat dekat sama org asing.

    Terbuktikan emang orang asing itu yg bikin masalah dinegara kita.
    Sampe Color orang China = Corona disebarin dengan segala cara.

  5. MNCVISION/INDOVISION SUKA2

    hy….dg saya NIKO MNCVISION

    Hanya ingin menginformasikan….

    HANYA 139.000/bln
    – tv lokal terlengkap
    – nikmati tayangan liga 1 SHOPIE dan UERO 2020
    – bebas pilih paket film FAVORIT sesukamu

    PROMO WAJIB :

    1. Ambil 6 bulan cukup bayar 4 bulan
    2. Ambil 12 bulan cukup bayar 9 bulan
    3. free all chanel sebulan dan free biaya pasang

    TELP/WA:08558926543

  6. Malu gak tuh yg ngingetin justru malah org luar, ibaratnya yang ngebangunin lu pagi2 buat pergi ke sekolah bukan keluarga lu tapi malah tetangga lu.

  7. Kalian yang komen pemerintah lelet dalam mengatasi tapi kalian juga ada yg menyepelekan contoh kerokan, kita udah susah dari dulu gak akan kena, kita selalu ada pada perlindungan Tuhan, kita makan 4 sehat 5 sempurna.
    Saya gak tau mau salahkan lambatnya penanganan pemerintah atau masyarakat rupa tadi yg salah dalam kesadaran virus ini

  8. Moga bermanfaat kalau mau baca samapai selesai
    [14/3 16:16] Cep761: satu pekan sudah virus corona berada di tanah air, dan sampai pada 60 kasus sampai siang tadi, maka dinyatakan INDONESIA DARURAT CORONA
    [14/3 16:16] Cep761: lantas Sudah ada vaksinnya?
    [14/3 16:16] Cep761: Organisasi kesehatan dunia WHO, dalam surat kepada Presiden Joko Widodo, meminta agar status darurat nasional diterapkan di Indonesia dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid-19.

    Direktur Jenderal WHO, Thedros Adhanom Ghebreyesus, dalam surat bertanggal 10 Maret itu mendesak agar negara di dunia, terutama yang memiliki populasi besar dan kemampuan sistem kesehatan yang tidak merata, untuk fokus pada pendeteksian kasus dan peningkatan kapasitas tes laboratorium.

    "Konfirmasi dini adalah faktor penting untuk memahami transmisi Covid-19 dan untuk bisa membendung penyebarannya," beber Ghebreyesus.

    Di area-area tempat virus corona baru tidak terdeteksi atau sukar terdeteksi, WHO merekomendasikan agar diterapkan status darurat nasional.

    WHO juga mendorong agar pemerintah terus mengedukasi publik dan secara aktif menginformasikan soal penyebaran virus corona.

    Pemerintah juga diminta lebih gencar lagi mencari pengidap virus corona, melacak orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan penderita, mengkarantina, dan mengisolasi mereka yang sudah terinfeksi.

    Selain itu WHO juga meminta Jokowi untuk menambah fasilitas laboratorium pengecekan kasus virus corona untuk mendeteksi munculnya klaster-klaseter transmisi baru di Nusantara.

    Istana sendiri belum mengumumkan adanya surat ini, tetapi Jokowi pada Jumat (13/3/2020) mengatakan bahwa dirinya akan menelepon Dirjen WHO untuk membahas soal virus corona baru Covid-19.
    [14/3 16:16] Cep761: hanya analisa info, jangan dijadikan pedoman dasar pendapat.
    [14/3 16:16] Cep761: dalam sebuah analisa. virus corona merupakan senjata bilogis yang diciptakan oleh Mossad ( Badan Rahasia Israel) , yang memiliki afiliasi khusus dengan amerika serikat, sebagai bentuk bantuan mereka dalam perang dagang antara Amerika VS China. tujuan di buat nya virus tersebut adalah untuk melumpujkan pertumbuhan ekonomi china dan dinyatakan kalah dalam perang dagang.
    [14/3 16:16] Cep761: masalah corona? ingatkah dengan virus Flu Burung? , sama, flu burung juga merupakan senjata biologis yang diciptakan oleh israel
    [14/3 16:16] Cep761: Sudah! penemunya adalah yang menciptakan virus itu sendiri. secara resmi, presiden Iran memperbolehkan warga negatanya untuk membeli vaksin Corona dari Israel. walaupun hubungan Israel dengan Iran adalah rival, tapi ini sebgai bentuk pertimbangan karenna Iran termasuk daerah yang pesat dalam pertumbunhan dan penyebaran virus corona di timur tengah, setelah jepang di asia dan italia di eropha.
    Wallohua'lam

  9. Opo seng gak d sebar negoro cino..??? Kabeh di sebar sampek barang gak ketok moto rupo virus loh di sebar owalah cook dancok koen iku negoro ta taek se sak dunyo mbon gawe ruwet.. TUNGKAK PURUN 😡

  10. WHO itu Ormas berani menekan Indonesia dan begonya sebagian rakyat Indonesia tak sadar itu politik Amerika untuk mengganyang Indonesia,ayo dukung pemerintahan bapak Jokowi

  11. Ssttt….

    Negara Maju diluar sana aja belum bisa selesaiin masalah corona . kita remahan Peyek bisa apa ..

    Nunggu jadi Zombie?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here